Pages

Saat nya mulai

Ayo Bro kita Bereksperimen.

Cara Sederhana Membuat Kiprok Sepeda Motor

Sekedar berbagi pengalaman, kemarin ada masalah dalam sepeda motor saya yaitu lampu depan belakang termasuk lampu kota dan flasher mati semua plus aki tekorrr...dikarenakan Regulator atau yang kerap di namakan Kiprok dalam bahasa bengkel Tiba-tiba mati, tidak tahu penyebabnya, yangjelas regulator/kiprok sudah tidak bekerja seperti alakadarnya.

Apa itu kiprok? Kiprok adalah sebuah rangkaian elektronik yang berada pada sepeda motor, yang dirangkai untuk keperluan menyetabilkan tegangan arus listrik dari sebuah sumber listrik ( sepul ) dan membuang arus yang berlebih ke massa/ground, Fungsi kiprok adalah mengubah arus AC ( Alternating Current ) Menjadi arus DC ( Direct Current ) atau Arus bolak-balik menjadi searah dan sebagai pengisian aki.

Nah, sudah mengertikan apa itu kiprok dan fungsinya, Dan bagaimana bila kiprok pada sepeda motor anda tidak berfungsi kembali, wah sudah barang pasti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti nasib apes saya. Aki tekor, lampu depan-belakang,lampu kota juga flasher rantas semua. Ya kalau pas lagi punya duit langsung beli kiprok yang baru, tapi kalau pas lagi kere ya seperti saya dlongap-dlongop seperti orong-orong kepidak.... :v
. Tapi meski kere kita harus kaya akan akal.. :-D  diatas awan masih ada awan, diatas langit masih ada langit, di bawah air ada udang di balik batu kikiki....!

Ok, cukup bercandanya mari kita kembali pada pokok pembahasan materi hari ini yaitu Cara Sederhana Membuat Kiprok Sepeda Motor.

Cara ini sangat murah meriah yang harus anda siapkan hanyalah beberapa komponen elektronik yaitu :

- Dioda 6A dua biji
- Elco 10.000uf/50v
- IC LM7815
- Transistor 2N3055 ( jawa: Jengkolan ) + heatsink.

Beberapa komponen di atas dapat anda beli pada toko elektronik -/+ tidak sampai Rp.50.000. Dan apabila anda membeli kiprok yang asli rata-rata diatas seratus ribu. Jadi cara ini mungkin dapat menjadi cara alternatif sebelum membeli kiprok yang asli dan sebagai space untuk mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Langkah-langkah pembuatan :

- Hubungkan kaki dioda 6A negatif dengan negatif ( cathode dangan cathode ) dengan tenol dan disorder. karena tadi ada dua dioda jadi hubungkan sama-sama kaki-kaki dioda negatif dengan negatif, yang ada tanda cincin putih pada batang dioda (-).

- Apabila cara pertama sudah hubungkan kaki elco 10.000uf/50v positif dengan kaki negatif dioda yang telah anda satukan tadi. Kaki elco yang negatif nanti disambungkan dengan kabel massa/ground dari sepul motor

- kemudian, sambungkan juga kaki Conlektor transistor/jengkolan 2N3055 pada kaki negatif dioda, kaki basis jengkolan menyambung ke kaki output IC LM7815, dan kaki Emitor jengkolan menyambung pada kutup positif Aki.

- Untuk cara pemasangan IC LM7815 dan untuk lebih memper jelas rangkaian seperti cara diatas, lihat pada skema atau gambar di bawah, jangan lupa beri pendingin pada transistor/ jengkolan dan IC-nya ya.






Karena saya menggunakan motor astrea grand maka seperti gambar di atas kabel pengisian ( warna putih ) dan kabel penerangan ( warna kuning ) dari regulator ( sepul ) menuju pada kaki positif ( anode ) dioada, kabel merah pada kaki emitor transistor/jengkolan ( kabel merah ) menuju ke kutub positif aki. Dan kabel hijau ( massa/ground ) menuju ke kutub negatif aki: Rangkaian diatas mempunyai tegangan keluaran / output 14,3 volt dan arus maksimal yang dapat disuplai oleh transistor yaitu 5 A, tegangan sekitar 14 volt sangat cocok untuk proses charge / mengisi aki yang sering digunakan baik itu aki basah ataupun aki bebas perawatan/MF (aki kering). Jadi apabila Anda mengaplikasikan rangkaian diatas dalam sepeda motor anda, anda harus sedikit merubah jalur perkabelan yang mengarah pada lampu motor anda, yaitu dengan merubah jalur perkabelan lampu motor dan menghubungkan langsung pada aki. Cara ini sudah saya tes dengan sepeda motor saya hingga saat ini. Dan aki tidak tekor. Seperti yang kita tahu di dalam kiprok asli mempunyai fungsi menyetabilkan arus listrik dan membuang arus listrik ke massa/ground apabila pengisian aki telah penuh, Rangkaian ini juga sama, Dengan IC LM7815 mampu menyetabilkan arus listrik dan membuang ke massa/ground apabila arus belebihan untuk kebutuhan carger aki dan tentu saja murah meriah, juga cara pembuatanya tergolong sangat mudah. :-D






     Penampakan rangkaian yang dah jadi.


Itulah Cara Sederhana membuat kiprok sepeda motor sendiri. Semoga dapat menjadi cara alternatif dan bermanfaat, Apabila ada keterangan atau cara dan penjelasan yang kurang ataupun salah, kepada para junior yang tahu dalam bidang dunia ke-elektronikan mohon di tambahkan dan di benarkan, saya bukan masternya elektro hanya sedikit yang saya mengerti dan mencoba untuk berbagi, Semoga meski artikel ini hanya segini, akan tetapi dapat di mengerti dan di pahami juga... 


kalau kawan-kawan pengen buat, tapi gk punya waktu, atau sparepart susah di dapat di daerah, saya siap membuatkan, email aja cukup dengan harga 75rb aja... itu udah ama biaya buat dan ongkos kirim... tapi harga sewaktu-waktu berubah...  heheheee.... maklum, ekonomi indonesia gak pernah stabil... yang berpengaruh ama harga barang2 di pasar.... ini berkat sistem demokrasi yang mulai membusuk... dan sudah seharusnya sistem DEMOKRASI mulai kita buang ke tempat sampah.. hehee..   :-D 

4 comments:

  1. euu apakah tidak overlad mas untuk
    si acu?

    ReplyDelete
  2. Itu arus pengisian nya bisa stabil nggak kalau rpm tinggi?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Itu kabel dari spull dikasih dioda berapa gan yang dari spull ke IC itu??

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar disini