Ane akan berbagi pengalaman dan penderitaan ke agan semua nih.,
begini nih kalo ngikutin gaya-gayaan... awalnya karana kepengen motornya
di modif biar kliatan garang, trus dipasanglah peninggi shock depan biar dapet
sensasi mengendarai motor trail...memang sih setelah pemasangan di pakainya lebih nyaman..
karena punggung jadi agak tegak, tapi apa yang terjadi setelah beberapa bulan pemakain,
dan sering hantam lobang di jalanan..???
motor ane malah terasa goyang,....
dan setelah di cek ternyata ada beberapa keretakan di segitiganya...!!
dan setelah ane browsing2, di beberapa forum memang banyak sekali curhatan ketika memasang peningggi shock depan.
Ini nih daftar efek dari gunain peninggi shock depan alias raiser :
1. oli shocknya/ seal shocknya bocor setelah pake peninggi
2. Kalau peninggi Shock nya dari almunium drat jadi prutul
3. Segitiga nya jadi retak, syukur2 gk patah di jalan
4. kalau terlalu tinggi jadi serem pas kecepatan tinggi trus ngerem, jadi aga "monting"
Kenapa bisa jadi seperti itu begini nih penjelasannya :
1.sudut rake / trial berubah dikarenakan ban segitiga lebih tinggi depan radius putar jadi lebih jauh
2.shock depan main tidak sempurna karena lebih miring.
3. karena tinggi motor jadi limbung tidak stabil center geomety naik
tapi dari semua efek diatas, gk semuanya bakal terjadi...
karena tergantung dari bahan apa yang di gunakan, beban yang di bawa , sama kondisi jalannya gan...
karena ada jg yang udah pakai bertahun-tahun, tp keadaan tetap baik-baik saja..,
ya mungkin aja dia jalannya bagus, gk pernah bawa beban berlebih... dan yang lebih extrim lagi, tu motor gk pernah di pakai..pasti lebih awet lagi tuh . hehehe....
salam satu aspal.. indah nya berbagi..
Nah betul itu penjelasan yang terakhir, nggak pernah dipakai pasti bakalan awet.
ReplyDeleteTapi masih ada yang lebih awet dan murah lagi, yaitu nggak pernah beli.......hehehehe
Salam satu aspal ya
kalo ganti per gimana?
ReplyDeleteSetelah baca artikel ini jadi takut gw mau pkek peningi sok 😁😁
ReplyDeletekalo buat motor bebek gmana ya gan.. soalnya ini baru aja ninggiin shock depan
ReplyDeleteBebek lebih bahaya lagi gan, soal'a segitiga'a single crown, ngga double sperti motor" besar. Sangat" ngga d sarankan buat bebek atau matic pakai peninggi shock depan
Deletekalo buat motor bebek gmana ya gan.. soalnya ini baru aja ninggiin shock depan
ReplyDeleteKalo pake peninggi shock depan cuma buat mounting stang jepit gmn bro?
ReplyDeletebiar ga naek turunin shock dari segitiga.a maksud.a
Jalannya pelan2 aja gan
ReplyDeleteMantaps gan , jadi pikir duakali mau pasang peninggi wkwk
ReplyDeleteAlhamdulillah motor matic saya pake peninggi yg model di dalem (peninggi sulingan) ga ada trouble apapun selama stengah tahun ini, saya juga masih ragu kalau pake peninggi yg model di pasang di drat gitu, saya lebih nyaman dan aman pake peninggi yg model sulingan
ReplyDeleteyang paling bener ganti as shock dan per asli yang lebih panjang dengan type shock motor yang sejenis.. lebih aman memang biaya yang dikeluarkan lebih mahal..
ReplyDeleteAlhamdulillah , hampir 3 thn pake peninggi depan masih aman kagak ada keluhan padahal jarak tempuh yg jauh dan beban yg lumayan berat karena pake box pannier
ReplyDeleteAlhamdulillah punya ane aman..
ReplyDeleteMemang resiko patah d segitiga n as shock tinggi apa lg d pakai d jalan yang lumayan ancur dengan kecepatan tinggi (biasa anak touringan suka main hajar meskipun jalanan rusak/berbatu).
Agar lebih awet n tahan lama shock belakang harus d tinggikan menyesuaikan shock depan.
Insyaallah aman tp tergantung amal ibadah juga..
Kalo mau di imbangin sama blakang juga
ReplyDelete