Pages

Saat nya mulai

Ayo Bro kita Bereksperimen.

Cara Memperbaiki Dinamo Stater Sepeda motor (Disertai Gambar)



MARIBEREKSPERIMENT - Di kesempatan yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu hari sabtu yang cerah,mari kita melakukan eksperimen, dan berkarya, meng utak-atik benda-benda
rusak yang ada di sekitar kita, iseng-iseng kita perbaiki,.. kalau bisa bener kan lumayan.. hehe..
bermodalkan hasil browsing di google akhirnya  nekad untuk membongkar dan
berakhir dengan sukses..
Berikut ini saya mau berbagi pengalaman kepada teman2, cara memperbaiki dinamo stater
baik itu yg bebek, maupun yang 'Laki'. kl sudah pernah bongkar sih pasti langsung paham.
1. Buka dulu kabel kopling nya
2. Buka baut yang jadi pangkuan kabel kopling, baut ini pakai 8"

3. Buka Mur 10" pada atas dinamo, ini adalah penghantar arus bermuatan (+)
4. Lanjut dengan membuka baut di body dinamo.

5. Tarik Berlahan-lahan
6. Buka baut 7" pada dinamo

Bongkar perlahan-lahan, cek apakah ada yang aus.

7. Jika ada rembes oli pada body motor, cek karet yang ada di ujung dinamo.
                                     
   jika seperti milik saya ini karetnya sudah gepeng, jadi sudah waktunya ganti.

     Lalu cek arang connectornya, masih bagus atau sudah aus.
8.  Buka baut (+) nya.
9.  Baut plus ini akan sebagai ganti pangkuan yang ori, mengingat kadang kita susah
     mendapatkan sparepart. dan kali ini saya menggunakan arangnya Honda Kharisma
10. Potong Kabel "min" nya

siapkan sparepartnya.

11. Pasang karetnya, jika melintir, dan agak susah di perbaiki, kasih oli sedikit lalu putar-putar.


12. Penampakan arang connector yang telah aus


13. Di arang  yang bari kita tidak bisa langsung pasang, harus kita amplas sedikit agar
      bisa masuk ke sarangnya

14. Penampakan setelah dipasang arang connector yang baru.





15. Setelah semuanya telah di ganti, saatnya memasang kembali ke bentuk semula,
     ini yang agak ribet pasangnya, agar mudah memasangnya ganjal dulu salah satu
     arang connector pakai obeng min.


16. Setelah masuk, pasang Body nya, harap pelan-pelan dan tahan jangan sampai lepas yang
      tadi kita pasang, karena body ini ada maghnet nya dan kuat sekali daya tariknya.pastikan
      tanda ini (- -) saling bertemu.


17. Intip dari atas, pastikan lubang mur tidak tertutup, karena kalau tertutup, nanti
      dinamonya gk bisa di pake..  hehee...  :-D

18. Setelah itu pasang palanya, pastikan tanda nya saling bertemu, lalu pasang bautnya.
       slesai dah. tinggal di pasang lagi ke motor.

[eksperimental]

8 comments:

  1. thanks gan sangat membantu saya baru aja perbaiki denamo starter saya yg macet skrg udh bisa, jd gk perlu kebengkel deh, thanks bngat ilmunya. God bless

    ReplyDelete
  2. gan ini motornya pulsar 135 bukan? kalo o ring dinamo starter subtitusinya pake punya motor apa?maaf banyak tanya,,,terima kasih

    ReplyDelete
  3. gan ini motornya pulsar 135 bukan? kalo o ring dinamo starter subtitusinya pake punya motor apa?maaf banyak tanya,,,terima kasih

    ReplyDelete
  4. Semoga menjadi amal bermanfaat buat bekal ke akhirat.. amin...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Bos,mau tanya,sbelumnya dinamo stater bawaan vega r new,macet pas dibuka magnet yg lngket didlam rumah dinamonya lepas,trus simkanik ganti oke rumah dinamo milik supra x,tpi kadang bisa hidup kadang harus dirayu2 gtu biar bisa hidup(smp berulang tkan staternya)gtu,itu gimana ya

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar disini