Pages

Saat nya mulai

Ayo Bro kita Bereksperimen.

Mengganti Gear belakang XCD dengan Gear Supra




Kita kadang ingin tahu bagaimana caranya agar motor kita dapat lari kencang tanpa
ngacak-ngacak mesin, nah, kali ini ane mencoba cara dengan mengganti gear belakang
dengan yang lebih kecil, Gear belakang motor XCD ane aslinya mata 42, dulu pernah
coba ganti yang besar, punya kawa  Kaze, Tenaga jadi kuat, tapi motor jadi gk ada larinya,
kali ini ane nyoba gear nya ane rubah yang lebih kecil, ane coba pakai punya H. Supra, karena bolongan tengahnya hampir sama dan lubang bautnya
juga kelebaran dikit, kita harus "ngakali" agar baut biasa masuk dengan pas
dan posisi tetap  "center" caranya cukup mudah, begini nih, liat gambar :



1. Awalnya lubang baut pada gear berukuran 10", dan ketika kita pasang
    maka lubang kurang ke dalam beberapa mili.
2. Perbesar lubang pada gear tersebut menggunakan Bor 12", semua lubang.

Lalu pasang,..  Taraaaaaa...   maka gear dapat terpasang dengan sempurna.
dan jangan lupa ketika pasang "nat" pada Gear berada di sebelah luar

ketika sudah terpasang kita perlu memotong rantai nya juga, ane lupa motong berapa mata.
(yang pasti ane kerjain sendiri dengan cara ane ketokin pakai palu sama paku..  :D)


Saat Ganti Gear semua ada kekurangan dan kelebihan,
- Jika gear di perkecil, maka tenaga akan berkurang tetapi speed akan bertambah,
  jika hanya di gunakan untuk harian dan jarang untuk boncengan serta gk pernah bawa
  barang - barang berat gk masalah.

- Jika Gear di perbesar maka speed akan berkurang tapi dia akan punya kekuatan yang tangguh,
  sangat di sarankan jika motornya sering bawa beban yang berat atau jalanan di tempat
  agan naik turun gunung.


Semoga berguna.  ^,^/




No comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar disini